Perbedaan Batu Akik Asli Dan Palsu


Fenomenal batu akik di indonesia sudah seperti makanan sehari-hari. Dari kalangan anak muda hingga dewasa banyak yang menyukai batu akik yang beragam jenis dari batu akik sintetis maupun batu akik natural.

Batu akik juga ada yang natural dari alam dan batu akik buatan yang dibentuk dengan bahan tertentu hingga mempunyai corak yang diinginkan.

Sebelum anda membeli batu akik, akan lebih baik jika anda mengetahui perbedaan batu akik asli/ natural dan batu akik palsu/ sintetis. Untuk membedakan batu akik sintetis dan batu akik natural/asli dapat melakukan beberapa trik seperti berikut.

Ciri-ciri Batu Akik Asli/ Natural
  1. Terdapat serat alami jika diterawang atau disorot dengan senter yang terang. Serat disini bisa juga seperti retakan dan motif tertentu.
  2. Batu akik asli sangat peka terhadap touch screen (hp yang menggunakan layar sentuh).
  3. Biasanya batu akik asli jika ditempelkan ke kulit tubuh akan terasa dingin.
  4. Jika dibakar atau dipanasi dengan api dengan waktu yang lama, batu akk asli akan mengeluarkan minyak. Namun tidak berlaku untuk jenis batu akik kapur dan fosil, karena jika dibakar maka batu jenis ini akan hancur bahkan bisa sampai pecah karena tingkat kekerasannya masih kurang.
  5. Jika diberi air, warna batu akik asli akan lebih indah.
  6. Untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan kepada ahlinya atau laboratorium untuk mengecek kandungan batu yang anda miliki.

Ciri-ciri Batu Akik Buatan/ Sintetis
  1. Tidak terdapat serat, atau bening seperti kaca.
  2. Terdapat gelembung udara didalam batu.
  3. lebih ringan dibanding dengan bat akik asli.

Jika anda sudah mengetahui beberapa trik mengetahui batu akik asli dan batu akik palsu seperti diatas, anda tidak perlu lagi untuk ragu membeli batu akik yang anda sukai. Terimakasih :)

0 Response to " Perbedaan Batu Akik Asli Dan Palsu "

Poskan Komentar